Cara Mengaktifkan DNS-over-HTTPS

Cara Mengaktifkan DNS-over-HTTPS

Cara Mengaktifkan DNS-over-HTTPS  – Kebanyakan orang ingin terhubung ke situs web favorit mereka. Mereka tidak peduli dengan proses yang membawa mereka ke sana. Tetapi sesekali, semua pengguna internet perlu memoles tren teknologi terbaru. Dalam hal ini, ini adalah protokol web yang muncul, DNS-over-HTTPS.

Sebelum mata Anda berkaca-kaca, jangan khawatir. Dalam beberapa menit, Anda akan tahu apa itu DNS-over-HTTPS dan mengapa Anda membutuhkannya. Juga, Anda akan mendapatkan beberapa tips lain yang akan meningkatkan privasi dan keamanan Anda secara online.

DNS-over-HTTPs (DoH) meningkatkan privasi dan keamanan untuk semua pengguna internet. Tapi itu bukan metode anti peluru. Dengan demikian, Anda harus menggunakannya dalam kombinasi dengan alat lain seperti VPN dan ekstensi browser keamanan. Yang terbaik dari semuanya, DoH tidak membebankan biaya apa pun kepada Anda dan membutuhkan waktu beberapa detik untuk pengaturan. Beberapa hal bisa mengalahkan itu.

Cara Mengaktifkan DNS-over-HTTPS

Untuk mengaktifkan DoH, salin dan tempel ini ke browser alamat browser Anda:

  • Chrome: chrome: // flags / # dns-over-https.
  • Firefox: diaktifkan secara otomatis untuk semua pengguna desktop
  • Edge: // flags / # dns-over-https
  • Opera: // flags / opera-doh
  • Safari: TBD tetapi kemungkinan akan segera hadir

Apa itu DNS-over-HTTPS?

Jika Anda belum terlalu memperhatikan berita keamanan siber, Anda telah melewatkan salah satu pertempuran internet paling menarik dalam sejarah baru-baru ini. Di satu sisi, Anda memiliki browser seperti Chrome, Firefox, dan Edge.

Di sisi lain, Anda memiliki penyedia layanan internet (ISP) dan pemerintah. Sudah begitu panas bahwa Mozilla bahkan menuduh ISP berbohong kepada Kongres. Sementara itu, ISP menyebut Mozilla sebagai “Penjahat Internet Tahun Ini.”

Baca Juga  10 Situs Streaming Anime Gratis Terbaik 2020

Selama beberapa tahun terakhir, web telah bergerak ke arah enkripsi tingkat tinggi yang lebih banyak. Anda mungkin telah memperhatikan ikon “kunci” kecil di bilah URL Chrome dan peramban lainnya. Ini berarti situs menggunakan HTTPS, jenis koneksi yang lebih aman.

Dengan HTTPS, tidak ada yang dapat merusak halaman web saat Anda melihatnya atau melacak aktivitas Anda. Misalnya, jika Anda terhubung ke CNN.com, operator jaringan, seperti ISP Anda, hanya dapat melihat bahwa Anda terhubung ke CNN. Mereka tidak tahu apa yang Anda baca atau ubah artikel apa pun dalam perjalanan.

HTTPs-over-DNS membuat segalanya selangkah lebih maju. DNS adalah Sistem Nama Domain. Itu mengubah nama seperti CNN menjadi alamat IP yang Anda hubungkan. Ketika Anda mencari situs web CNN, perangkat Anda mengirimkan permintaan yang menunjukkan Anda sedang mencari alamat IP itu. ISP, admin jaringan, dan pengintai lain semuanya mencatat informasi ini untuk berbagai keperluan.

DNS-over-HTTPs menghilangkan kemampuan ini bagi ISP untuk memonitor aktivitas internet Anda. Sekarang, perangkat Anda dapat membuat koneksi yang aman dan terenkripsi, dan tidak ada di antara keduanya yang dapat melihat apa yang Anda cari.

Mengapa DNS-Over-HTTPS Berguna

DNS-Over-HTTPS membuka privasi tingkat berikutnya saat Anda online. Ini lebih dari situs apa yang Anda kunjungi. Itu meluas untuk melakukan transaksi keuangan yang lebih aman, mengirimkan dokumen pribadi yang kritis, dan banyak lagi. Ini mencegah pengintaian, man-in-the-middle, dan serangan potensial lainnya.

DoH tidak hanya membuat menjelajah internet lebih aman, tetapi juga meningkatkan kinerja. Penjelasan di baliknya bersifat teknis. Singkatnya, DoH melakukan pekerjaan yang lebih baik memproses permintaan DNS daripada ISP.

Apakah Ada Kerugian pada DNS-Over-HTTPS?

Untuk konsumen rata-rata, tidak. Salah satu argumen dari ISP dan lembaga pemerintah adalah bahwa DoH mempersulit ISP untuk melarang atau membatasi konten terlarang dan melacak aktivitas kriminal. Itu benar. DoH mempersulit ISP untuk memblokir situs web.

Baca Juga  5 situs Download Lagu Mp3 Terbaru 2020

Dengan DoH, terserah orang tua dan wali untuk mengatur filter orangtua pada perangkat. Sisi sebaliknya, teknologi itu juga membuat penyensoran menjadi jauh lebih sulit. Ini akan membantu orang memiliki akses ke internet yang lebih terbuka.

Ketika datang untuk melacak aktivitas kriminal, itu hanya sebagian benar. DoH adalah peningkatan sederhana untuk keamanan dan privasi. Itu sebabnya orang masih perlu mengambil tindakan keamanan ekstra.

ISP, pemerintah, dan peretas memiliki beragam alat yang dapat mereka gunakan. Jika seorang hacker atau programmer berbakat ingin melihat apa yang Anda lakukan online, mereka masih dapat melakukannya dengan DoH. Ini sedikit lebih sulit tetapi bukan tidak mungkin.

Rata-rata pengguna masih perlu mengambil langkah-langkah keamanan siber yang lebih komprehensif untuk bertahan melawan penjahat cyber. DoH dapat menjadi jauh lebih efektif bila dikombinasikan dengan teknologi VPN. VPN melindungi koneksi internet, memastikan semua lalu lintas yang masuk dari perangkat melalui server VPN ke situs web target bersifat pribadi.

Cara Mengaktifkan DNS-over-HTTPS adalah langkah fantastis ke arah yang benar untuk privasi dan keamanan konsumen online. Ini gratis untuk digunakan, mudah diatur, dan sudah tersedia di sebagian besar browser utama. Tetapi ingat bahwa DoH sendiri tidak akan cukup untuk memenuhi total kebutuhan keamanan siber Anda.

DNS-Over-HTTPS berfungsi paling baik dalam kombinasi dengan alat tambahan. Jangan abaikan VPN, ekstensi peramban, dan aplikasi keamanan digital lainnya. Ada banyak ancaman terhadap privasi Anda di dunia online. Mulai gunakan segala sesuatu yang Anda inginkan untuk melindungi diri dari mereka.

You May Also Like

Avatar

About the Author: pixtech

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *